Visi 2013: “GENERASI TERANG”
(Mutiara yang berharga; Melakukan perkara-perkara yang gagah perkasa)

Jikalau kita melihat apa yang terjadi di masa sekarang, bagaimana kegelapan mencoba untuk menguasai bumi dan kekelaman berusaha menutupi bangsa-bangsa (termasuk bangsa kita), berbagai tindak kejahatan dan penyesatan terus terjadi berkesinambungan seolah-olah tidak ada satupun yang bisa diharapkan untuk menjadi penerang. Bahkan gereja yang seharusnya diharapkan menjadi penerang pun seringkali masih ikut ambil bagian di dalam perbuatan kegelapan. Namun Tuhan telah memerhatikan kita, Ia memberikan pesan-Nya bagi kita bahwa masih didapati ada orang-orang yang tidak mencemarkan pakaiannya, yaitu orang-orang yang masih mau berjalan dalam pimpinan dan tuntunan Tuhan. Orang-orang yang berjalan dengan “pakaian putih” yang siap untuk menjadi terang bagi dunia. Dan orang-orang yang dimaksud tersebut adalah kita. Wahyu 3: 4  Tetapi di Sardis ada beberapa orang yang tidak mencemarkan pakaiannya; mereka akan berjalan dengan Aku dalam pakaian putih, karena mereka adalah layak untuk itu.

Mutiara yang berharga
Visi Light Generation ini tidaklah datang begitu saja, namun diawali oleh pesan demi pesan yang Tuhan telah berikan sebelumnya bagi kita. Pertengahan September 2012 Tuhan memberikan pesan yang diambil dari Mat. 13: 45- 46 Demikian pula hal Kerajaan Sorga itu seumpama seorang pedagang yang mencari mutiara yang indah. Setelah ditemukannya mutiara yang sangat berharga, iapun pergi menjual seluruh miliknya lalu membeli mutiara itu.” Perumpamaan tentang mutiara yang berharga ini sebetulnya tidak berbicara tentang pihak manusia yang harus menjual seluruh miliknya terlebih dahulu demi untuk memperoleh Kerajaan Sorga. Namun sebaliknya, Yesuslah yang terlebih dahulu berkorban dengan menjual seluruh “milik-Nya” demi untuk manusia memperoleh keselamatan (Kerajaan Sorga). Jadi tokoh pedagang yang menjual seluruh miliknya ini berbicara tentang Yesus yang rela meninggalkan kenyamanan sorga dan mau menjadi sama dengan manusia, rela mati di kayu salib (harga yang harus dibayar). Sedangkan mutiara yang berharga adalah berbicara tentang kita, gereja-Nya, pribadi yang telah dibeli lewat pengorbanan Yesus di kayu salib.

Mutiara adalah sebuah benda yang sudah berabad-abad digunakan sebagai perhiasan yang memiliki nilai harga dan keindahan yang tinggi. Betapa kita sepatutnya menyadari dan bersyukur bahwa kita dipandang sebagai mutiara indah yang bernilai di mata Tuhan Yesus, diambil dari dasar lumpur laut, didapat lewat sebuah pengorbanan. Salah satu kualitas dari mutiara yang terbaik adalah kemampuannya untuk memantulkan cahaya. Kita ada saat ini karena suatu tujuan ilahi, yaitu untuk menjadi garam dan terang bagi dunia yang gelap. Terang yang kita pancarkan bukanlah terang yang berasal dari diri kita pribadi, namun terang yang terrefleksi dari pribadi Yesus Kristus yang telah menebus hidup kita. Ketika hidup kita berpadanan dengan Injil Kristus, maka seperti bulan yang memantulkan cahaya matahari pada waktu malam, kehidupan kita sebagai gereja Tuhanpun akan memantulkan terang kemuliaan Kristus. Sungguh menjadi sebuah hidup yang memberkati dunia yang gelap.

Melakukan perkara-perkara yang gagah perkasa
Sepanjang usia sejarah Alkitab Allah telah memilih banyak pribadi untuk menggenapi rencana-Nya. Ketika Allah memerlukan seorang sahabat Ia memilih Abraham. Ketika Allah membutuhkan seorang pelepas Ia memilih Musa, ketika Allah memerlukan sebuah bangsa untuk dipanggil sebagai bangsa pilihan-Nya Ia memilih Israel, ketika Allah memerlukan seorang pemimpin yang dapat dipercaya Ia memilih Yosua, ketika Allah memerlukan seorang Juruselamat dunia Ia mengirim Yesus. Nama-nama di atas memiliki waktunya sendiri di dalam pencatatan sejarah. Ketika Allah memerlukan pribadi untuk menjadi garam dan terang-Nya di bumi Ia memilih kita, gereja-Nya. Oleh sebab itu, masa sekarang ini adalah waktunya kita! Kis.2: 17  Akan terjadi pada hari-hari terakhir — demikianlah firman Allah — bahwa Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas semua manusia; maka anak-anakmu laki-laki dan perempuan akan bernubuat, dan teruna-terunamu akan mendapat penglihatan-penglihatan, dan orang-orangmu yang tua akan mendapat mimpi. Hari-hari terakhir yang dimaksud adalah hari-hari dimana kita hidup saat ini. Inilah masa dimana kita gereja Tuhan melakukan perkara-perkara yang gagah perkasa.

Daniel 11: 32  …tetapi umat yang mengenal Allahnya akan tetap kuat dan akan bertindak (NKJV=..shall be strong and carry out great exploits/akan tetap kuat dan melakukan perkara-perkara yang gagah perkasa). Ayat ini menceritakan tentang adanya orang-orang Yahudi yang berubah setia dan menjadi fasik terhadap perjanjian Allah, tetapi Tuhan selalu memiliki kaum sisa yang setia di antara orang Yahudi di masa itu. Dalam situasi yang demikian, masih ada umat Tuhan yang senantiasa mau mengenal Tuhan dan setia kepada-Nya, sekalipun penganiayaan terus berlangsung. Kepada umat yang demikian, Tuhan menjanjikan kekuatan, kemenangan  dan dipakai untuk melakukan perkara-perkara yang luar biasa.

Mari umat Tuhan, ketika kita menangkap visi dari Tuhan ini, kita menyadari bahwa akan ada hal-hal besar yang Ia mau lakukan melalui kita. Dunia memang sedang menuju kepada kegelapannya, namun ada gereja Tuhan yang tetap kuat dan mau berjalan di atas kebenaran Tuhan untuk menjadi penerang di bangsa ini. Bersama Yesus kita akan lakukan perkara-perkara yang gagah perkasa.

Tuhan Yesus memberkati!

Ps. Isaac Gunawan

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>