HARGA YANG KITA BERIKAN BAGI YESUS

Mat 26: 15 Ia berkata: “Apa yang hendak kamu berikan kepadaku, supaya aku menyerahkan Dia kepada kamu?” Mereka membayar tiga puluh uang perak kepadanya.

Melalui pesan Tuhan ini, kita semua sama2 diingatkan berapa nilai penghargaan yang selama ini kita berikan kepada Tuhan kita. Banyak orang percaya yang hidup dengan segala kelimpahan kasih anugerah yang begitu luar biasa dari Tuhan, namun tanpa disadarinya, ada hal-hal yang membuat ia ternyata memberikan penghargaan yang kurang tepat kepada Tuhan Yesus,

Artinya kalau ikut Tuhan itu jgn boleh setengah2, semau gue krn kalau itu jalan yg kita ambil ujung2nya dapat terjadi  spt  yg di alami Yudas Iskariot.

Apa yang jadi penyebab dasar seorg Yudas Iskariot berkhianat ? Uang adalah salah satu tanda awal, atau motivasi yang mendorong dilakukannya suatu pengkhianatan. Berapa banyak hari2 ini org melepaskan kepercayaannya kepada Yesus utk berpindah ke agama lain hampir semuanya orang tergiur oleh harta yang berlimpah, jabatan/karier, pernikahan beda agama dan juga hal2 lainnya.

Ada karakter pribadi atau hal lain yang menyebabkan orang bisa berkhianat;

  1. Bodoh – Org yang bersangkutan hanya melihat sasaran jangka pendek
  2. Less integrity, immature personality (rendahnya integritas seseorg)
  3. Selfish (jelas) = Egois
  4. Low self-control – Kontrol diri yang rendah

Ke empat unsur ini ada dlm diri Yudas, krnnya dia gagal. Hal ini di perparah dengan sikap Yudas yang tidak menyimpan Firman didlm hatinya sehingga selalu di curi iblis.

Apa makna dari kegagalan Yudas supaya kita juga selalu intropeksi diri sejauh mana dan apa yg sdh kita berikan bagi Yesus.

1. Yudas sudah menyalahgunakan kepercayaan yg sudah Tuhan berikan dan tidak mau memperbaiki kesalahannya.

Dlm tulisannya Yohanes katakan bhw Yudas ini seorg pencuri (Penyalahgunaan jabatan)

(Yoh 12: 6 = point ke 1 di warta (hidup dlm ketidakjujuran)

2. Yudas membuang kesempatan utk mengenal pribadi Tuhan lebih dekat lagi.

Di mana kesalahan fatalnya ? Luk 22: 3 è Mengijinkan iblis masuk dlm dirinya

Apakah Iblis bisa merasuki orang percaya atau tidak? Tidak!  Karena setiap orang percaya yang lahir baru adalah Bait Allah, dan Roh Allah tinggal di situ.

Waktu kita membuka pintu bagi Iblis dan Iblis tinggal di dalam kita maka Allah sendiri akan keluar dari Bait kita.  Allah kita keluar karena Ia tahu diri, dengan mengundang Iblis untuk hidup di dalam kehidupan kita berarti diri kita sudah tidak butuh Tuhan.  Kalau Tuhan sudah tidak dibutuhkan maka Tuhan sendiri secara sadar akan keluar dari hidup kita.

Apakah kita sungguh2 mengenal Tuhan kita dan mengijinkan Tuhan diam selalu dlm diri kita yg adalah BaitNya.

Hos 4: 6 “Umat-Ku binasa karena tidak mengenal Allah; karena engkaulah yang menolak pengenalan itu maka Aku menolah engkau menjadi imam-Ku.”

3. Yudas menolak untuk bayar harga lebih dalam pengiringannya kepada Tuhan.

Ada istilah “untuk menerima Anugrah adalah gratis, tetapi untuk dapat terus hidup di dalam anugrah ada harga yang harus di bayar”

Dalam hal ini, ada sesuatu yang harus kita lepaskan, dan pilihan itu kitalah yang menentukannya.

Yudas tidak mau melepaskan gaya hidupnya. (Mat 6: 24 ; Efs 4: 22-25 ; Yak 4: 4

“Bayar harga” di sini artinya memberikan milik atau melepaskan apa yg menjadi hak kita) Ada unsur pengorbanan dari pihak kita, dan ini ngga bisa setengah dunia setengah rohani.

Untuk mewujudkannya bayar harga dlm kehidupan kita :

1 Pet 1:15 ; Efs 5: 17 ; Kol 3:1-2 ; Mat 6:33

TUHAN YESUS MEMBERKATI!!!

Harga yang Kita Berikan bagi Yesus (Bp. Petrus Tedy – 14 April 2016)

| Renungan Harian | 0 Comments
About The Author
-

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>