Yes. 42:1  Lihat, itu hamba-Ku yang Kupegang, orang pilihan-Ku, yang kepadanya Aku berkenan. Aku telah menaruh Roh-Ku ke atasnya, supaya ia menyatakan hukum kepada bangsa-bangsa.

Ayat di atas sesungguhnya adalah sebuah nubuatan yang disampaikan oleh nabi Yesaya kepada bangsa Israel tentang akan lahirnya Sang Mesias ke dalam dunia. Mesias yang dimaksud adalah seorang pribadi yang akan membawa sesuatu yang berbeda, baik bagi bangsa Yahudi maupun bagi bangsa-bangsa non-Yahudi. Ada hukum yang akan Ia nyatakan ke tengah bangsa-bangsa yang seringkali menyalahgunakan wewenang, ada berita pembebasan bagi orang-orang yang terbelenggu, ada kabar keselamatan yang Ia beritakan untuk menyelamatkan mereka yang berjalan menuju kebinasaan, ada terang yang akan Ia pancarkan di tengah kegelapan dunia. Dan Mesias yang dimaksud adalah Yesus Kristus.

Kitab Yesaya seringkali disebut juga dengan sebutan “The Gospel of the Old Testament” atau Kitab Injil-nya Perjanjian Lama. Sebuah kitab yang ditulis nabi Yesaya yang isinya bukan hanya berbicara mengenai sejarah dan kondisi bangsa Israel saja, namun juga nubuatan tentang kelahiran Sang Mesias serta segala sesuatu yang akan dilakukan-Nya. Yesaya juga merupakan nabi PL yang paling banyak berbicara tentang Roh Kudus dibandingkan dengan nabi-nabi PL lainnya. Dengan gamblang Yesaya menjelaskan bahwa segala pekerjaan luar biasa yang dilakukan oleh Sang Mesias itu dapat diselesaikan-Nya karena Bapa di Sorga menaruh Roh Kudus-Nya terlebih dulu ke atas-Nya.

Yesus, Sang Mesias, dikatakan akan diurapi secara luar biasa oleh Roh Kudus dan diperlengkapi dengan berbagai karunia rohani supaya dapat melaksanakan kehendak Bapa dan membawa keselamatan penuh bagi bangsa-bangsa. Dan hal ini sudah Ia genapi. Bahkan hari ini, untuk menggenapkan seluruh rencana-Nya, maka Sang Mesias juga siap untuk membaptis dan mengurapi para murid-murid-Nya dengan Roh Kudus. Dan murid-murid-Nya itu adalah kita. Inilah yang kembali menjadi pesan Tuhan bagi kita minggu ini. Ada banyak hal luar biasa yang Tuhan mau nyatakan melalui kita, ketika setiap kita, para murid, penuh dengan Roh Kudus-Nya.

Apa yang terjadi apabila Roh Kudus dicurahkan dan memenuhi kita?

(1). Membasahi segala kekeringan dan menjadikannya subur

Yesaya 32:15 Sampai dicurahkan kepada kita Roh dari atas: Maka padang gurun akan menjadi kebun buah-buahan, dan kebun buah-buahan itu akan dianggap hutan.

Pada saat ayat ini ditulis, bangsa Israel pada masa itu sedang merasa puas dengan kondisi mereka yang sebenarnya tidak begitu baik. Pelanggaran, kekeringan, dan penderitaan yang terjadi pada masa itu membuat mereka menjalani suatu kehidupan yang tidak nyaman. Namun, bukannya datang dan berseru kepada Tuhan, mereka justru memilih untuk diam dan berusaha dengan menggunakan kemampuan mereka sendiri. Dan situasi itu pada akhirnya membuat mereka terbiasa dengan kondisi yang kurang baik itu, merasa nyaman-nyaman saja di tengah ketidaknyamanan.

Melalui nabi Yesaya, Tuhan menyerukan agar umat-Nya mau datang, meratap, dan berseru kepada Tuhan sampai Roh Kudus dicurahkan atas mereka dan kemudian pemulihan yang sesungguhnya mereka alami. Keadaan padang gurun diubah menjadi kebun buah-buahan, bahkan kebun buah-buahan akan menjadi seperti hutan subur yang lebat. Berkat Kerajaan pun akan terjadi ketika Roh Kudus dicurahkan memenuhi umat Tuhan.

Ingatkah kita, bahwa ayat Yes. 32:15 ini pernah Tuhan berikan kepada kita pada bulan Oktober 2010, bertepatan dengan disuruhnya kita, RDMB untuk pergi dan melakukan suatu kunjungan misi ke wilayah Kampung Laut, Jawa Tengah? Kondisi masyarakat Kampung Laut pada waktu itu sangat memprihatinkan. Sakit-penyakit terjadi di sana sini, dan ternyata penyebabnya adalah kekeringan rohani dan jasmani. Mereka membutuhan air bersih yang layak untuk dikonsumsi, karena selama itu mereka hanya memiliki air tadahan air hujan untuk keperluan makan dan minum mereka. Ketika Tuhan melawat dan Roh Kudus dicurahkan atas mereka melalui pelayanan RDMB, hari ini mereka mendapatkan keleluasaan untuk beribadah dan akan segera menikmati air bersih yang layak untuk dikonsumsi. Sungguh, seperti padang gurun yang diubah menjadi kebun buah-buahan.

(2). Melakukan perkara-perkara yang gagah perkasa

Kis. 6:3 Karena itu, saudara-saudara, pilihlah tujuh orang dari antaramu, yang terkenal baik, dan yang penuh Roh dan hikmat, supaya kami mengangkat mereka untuk tugas itu,

Seiring bertambahnya jumlah jemaat yang harus dilayani dengan baik, maka para rasul, pada waktu itu, memutuskan untuk mengangkat tujuh orang dari antara mereka untuk membantu para rasul. Adapun kriteria yang ditetapkan bukan hanya sekedar dikenal sebagai orang-orang yang perilakunya baik saja, melainkan harus penuh Roh Kudus dan juga hikmat. Para rasul memahami bahwa menjadi percaya dan baik saja tidaklah cukup. Orang-orang yang dipilih itu harus memiliki pengertian dan penundukkan diri pada kehendak Tuhan. Oleh sebab itu, dibutuhkan orang-orang yang selain percaya dan baik, juga penuh dengan Roh Kudus. Ada begitu banyak hal yang Tuhan mau nyatakan kepada para murid, dan media yang diperlukan untuk menyatakan hal tersebut adalah melalui kepenuhan mereka dengan Roh Kudus (ini tidak berarti sekedar bisa berbahasa roh saja, namun kepenuhan yang sifatnya berkesinambungan).

Awalnya, pelayanan yang dipercayakan kepada Filipus (salah satu dari ketujuh orang yang diangkat) hanyalah berupa pelayanan meja dan pembagian bantuan kepada para janda. Namun Kis. 8:26-40 menyatakan bahwa Tuhan mempercayakan tugas melayani seorang sida-sida dari negeri Ethiopia (setara menteri keuangan) yang sedang berada tidak jauh dari Yerusalem, kepada Filipus. Atas bisikan dan tuntunan kuasa Roh Kudus, Filipus yang saat itu sedang dalam perjalanan dari Samaria, dipindahkan seketika itu juga dan berada tepat di depan kereta di mana sida-sida tersebut berada. Singkat cerita, sang sida-sida akhirnya memberi diri untuk dibaptis. Suatu pelayanan luar biasa yang Tuhan percayakan.

Umat Tuhan, ketika Tuhan perintahkan kita semua untuk penuh dengan Roh Kudus, tentunya bukan tanpa suatu maksud. Dan kita telah mengetahui hal-hal dahsyat apa saja yang bisa terjadi ketika seseorang dipenuhi oleh Roh Kudus. Mulai saat ini, mari kita alami kepenuhan Roh Kudus-Nya dan nantikan perkara-perkara dahsyat yang akan Tuhan buat bagi dan melalui kita, para murid Kristus.

Tuhan Yesus memberkati!

09 Desember 2012 – Umat yang Penuh dengan Roh Kudus (Bag. 2)

| Warta Jemaat | 0 Comments
About The Author
-

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>